Senin, 11 Oktober 2010

PPL

Suasana PPL di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) kabupaten malang memang sungguh menyenangkan. Pagi hari diawali dengan bangun tidur ku terus mandi tidak lupa menggosok gigi, habis mandi aku sarapan seadanya soalnya aku ma tmen-temen nginepnya di rumah dinas yang ada di SKB. Ya lumayan lah soale gratis, itung itung ngirit ongkos biaya hidup,hehe maklum we kan mahasiswa coy. Slese siap-siap aku ma tmen-temen langsung go ke SKB yg jaraknya ckup jauh di jogja (njujug saja)bahasa jawa yang artinya tinggal melangkah sudah sampai. Kegiatan di kantor diawali dengan ngajar. Karna aliran gue aliran non formal jd gak ngajar SMP tapi ngajar paket B. sungguh pekerjaan yang sangat mulia, di paket B tu pesserta didiknya bisa dibilang dari kalangan masyarakat yang kurang beruntung dalam segi ekonomi. Tapi yang bwt aku lbh bersemangat tu mereka jam setengah 7 dah ada di SKB, dah siap untuk berguru menuntut ilmu, padahal gurunya aja masih molor,heheheh(gurunya yo aku sendiri). Ngajar di paket B itu sungguh menyenangkan, peserta didiknya sangt aktif. barusan masuk aja we langsung ditanya oleh salah satu warga belajar (disingkat WB)tu bahasa PLS coyyyy....bahasa non formal. "pak penemu negara indonesia itu siapa???" siapa coba yang gak nredeg. lok di tanya siapa penemu amerika ja mungkin aku masih bisa. tp untungnya dia cuma ngetes, tiba tiba anak yang tanya itu maju kedepan, ternyata kemaren dia baru browsing di internet dan dia menunjukkan print outnya ke saya. luar biasa.......sungguh WB yang cerdas. padahal di paket B tu yang namanya praktek komputer aja belum diajari (sori mbak restu membocorkan rahasia perusahaan)hehehehe. setelah saya usut-usut ternyata anak itu ternyata rutin ke warnet, dia belajar sendiri tp lok misale gak bisa dia tanya mas-mas yang jaga warnet, itu ujarnya. sepuluh jempol untuk Nabila (WB yang tanya penemu Indonesia).
 sekitar kurang lebih satu setengah jam ngajar akhirnya jam pelajaran pun habis. hufhhh ternyata capek juga. ternyata ndak gampak jadi tutor, apalagi jadi pamong belajar. tugas pamong tu lebih dari sekedar tugas seorang guru. lok gak salah ada sekitar 4 atau 5 tupoksi pamong belajar. Tentang pamong belajar nantia aja ya ku ceritakan. mse capek coyyy barusan ngajar,,,,,,,,,,,,,,,
semangat terus PPL ku, jayalah selalu SKB kab. Malang. Maju terus PLS. CHayoooooooooooooooo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar